Kontak

Ayo Bergabung

Selasa, 26 Juli 2011

Herpes Zoster

Herpes zoster atau masyarakat awam menyebut dengan istilah Herpes ( dompo : istilah jawa ) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varisela-Zoster yang sifatnya, terutama menyerang orang dewasa dengan ciri khas berupa nyeri dan gerombolan mlenting2 yang berisi cairan jernih yang tersebar sesuai perjalanan cabang persyarafan tubuh. 



GAMBARAN KLINIS :  
l. Stadium prodromal 
       Gejala pertama adalah berupa gatal / rasa nyeri pada kulit sesuai perjalanan cabang persyarafan tubuh yang terserang disertai dengan panas badan, badan lesu dan nyeri kepala.  

2. Stadium erupsi :
       Mula-mula timbul mlenting2 kecil yang setelah 1-2 hari akan timbul gerombolan mlenting2 agak besar berisi cairan jernih diatas kulit yang memerah sedangkan kulit diantara gerombolan tetap normal, usia gerombolan mlenting2 pada satu gerombolan adalah sama sedangkan bila dibandingkan dengan usia gerombolan lain adalah tidak sama.Lokalisasi gerombolan mlenting2 sesuai dengan perjalanan cabang persyarafan tubuh, hanya pada satu sisi tubuh ( sisi tubuh sebelah kiri saja atau sebelah kanan saja ) dan biasanya tidak melewati garis tengah dari tubuh.

3. Stadium krustasi :
       Mlenting2 agak besar berisi cairan jernih berubah menjadi mlenting2 berisi nanah, kemudian mengalami pengeringan dan terkelupas dalam waktu 1-2 minggu. Sering terjadi nyeri pada otot dibawah kulit yang terkena pasca menderita herpes, terutama pada orang tua yang dapat berlangsung berbulan-bulan 

 
PENYULIT :  
        1. Infeksi sekunder
        2. Nyeri otot pasca herpetika
        3. Infeksi selaput putih mata pada herpes yang menyerang mata 
        4. Herpes yang mengenai :
               > telinga bagian luar 
               > daerah wajah, yang dapat berakibat kelumpuhan otot wajah.
        5. Herpes menyeluruh : suatu Herpes yang dibarengi dengan cacar air.

 PENGOBATAN :
      1. Obat anti nyeri
      2. Obat antihistamin 
      3. Obat antibiotik bila ada sekunder infeksi  
      4. Obat Kortikosteroid 
      5. Obat Asiklovir 
      6. Lokal : bila kering : diberi bedak
                     Bila basah : kompres. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar